Home » » Susunan Skripsi atau Tesis

Susunan Skripsi atau Tesis

Written By Lilik on Minggu, 12 Agustus 2012 | 17.43


Skripsi/Tesis adalah tulisan ilmiah yang mempunyai format baku. Seperti halnya usulan penelitian, skripsi juga teridiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian utama dan bagian akhir. Akan tetapi, dalam cakupan penulisan Skripsi dan Tesis sifatnya lebih luas.

  • Bagian Depan
Bagian awal ini mencakup halaman sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, halaman pernyataan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, arti lambang dan singkatan, dan intisari.

  1. Halaman sampul depan (halaman ini memuat: judul skripsi, jenis dan maksud tulisan ilmiah, nama program studi, lambang universitas, nama dan nomor mahasiswa, instansi yang dituju, tahun penyelesaian skripsi)
  2. Halaman judul (penulisan halaman judul sama dengan penulisan halaman sampul depan, dan ditulis di atas kertas putih)
  3. Halaman pengesahan (halaman ini memiat tanda tangan para pembimbing, para penguji dan tanggal  kelulusan ujian)
  4. Halaman pernyataan (halaman ini memuat pernyataan penulis bahwa isi skripsi tidak merupakan jiplakan dan bukan karya orang lain.
  5. Halam Motto dan Persembahan (motto merupakan kalimat pendek yang diungkapkan penulis tentang pandangan hidup yang dpat bersumber dari Al-qur'an, Al-hadist, Al-kitab atau sumber lain, sedangkan persembahan memuat kepada siapa skripsi dipersembahkan. Dalam penulisan skripsi tidak wajib mencantumkan motto dan persembahan)
  6. Halaman kata pengantar (kata pengantar memuat uraian singkat tentang maksud skripsi, penjelasan-penjelasan dan ucapan terima kasih)
  7. Halaman daftar isi (daftar ini memuat gambaran secara menyeluruh tentang isi skripsi secara garis besar dan sebagai petunjuk bagi Anda yang ingin langsung melihat suatu bab atau sub judul, sub-sub judul, yang masing-masing disertai dengan nomor halaman.
  8. Halaman daftar tabel (apabila isi skripsi terdapat lebih dari satu, maka penulis perlu menyusun daftar tabel yang memuat urutan judul tabel beserta nomor halamannya.
  9. Halaman daftar gambar (apabila isi skripsi terdapat gambar lebih dari satu, maka penulis perlu menyusun daftar gambar yang memuat urutan judul gambar beserta nomor halamannya.
  10. Halaman daftar lampiran (daftar lampiran memuat beberapa hal yang mendukung penyusunan skripsi)
  11. Halaman daftar singkatan (apabila dalam skripsi memuat lebih dari satu jenis lambang atau singkatan, maka penulis perlu memberikan arti dan satuan.
  12. Halaman abstak (bagian ini merupakan uraian singkat tentang skripsi yang meliputi tujuan, cara, hasil, dan kesimpulan penelitian. Penulisan abstrak maksimal 200 kata. 
  • Bagian utama
Bagian utama mencakup: Bab I pendahuluan, Bab II tinjauan pustaka, Bab III metode penelitian, Bab IV hasil penelitian dan pembahasan, Bab V simpulan dan saran

  • Bagian Akhir
Bagian akhir mencakup daftar pustaka dan lampiran

0 komentar:

Poskan Komentar

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:

1.Klik selec profile --> pilih Name/URL
2.Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb
3.Klik Lanjutkan
4.Ketik komentar kamu dan publish