AnytHing in my Mind

Perdagangan Internasional

Dah lama juga gak nulis-nulis disini... hehheh... dan untuk kesempatan ini saya mau men-share tentang perdagangan Internasional, pelajaran ekomoni saat diriku berada di kelas 3 SMA. sambil mengingat-ingat kembali masa-masa SMA sekalian mengingat pula materi-materi pelajarannya. Okeeee.... langsung sajah kita bahas tentang Perdagangan Internasional.
Dalam teori dasar demand and supply menyebutkan bahwa transaksi adalah hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Permintaan diwakili oleh konsumen, sedangkan penawaran diwakili produsen. Interaksi yang
terjadi antara konsumen dengan produsen inilah yang menyebabkan terjadinya perdagangan.

Perdagangan yang terjadi bisa bersifat nasional dan internasional. Perdagangan nasional adalah perdagangan yang terjadi pada masyarakat (konsumen dan produsen) didalam wilayai suatu negara, dengan menggunakan alat komunikasi, alat timbang/ alat ukur, alat pembayaran (uang) dan kebijakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah negara yang bersangkutan dan berlaku secara nasional. Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau antara pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, maka perdagangan internasional sangatlah rumit/kompleks. Menurut Amir M.S, kerumitan itu disebabkan oleh hal-hal berikut:
  1. Pembeli dan penjual terpisah oleh batas- batas kenegaraan.
  2. Barang harus dikirim dan diangkut dari satu negara ke negara lainnya melalui bermacam peraturan seperti pabean, yang bersumber dari pembatasan yang dikeluarkan oleh masing-masing pemerintah.
  3. Antara satu negara dengan negara lainnya terdapat perbedaan dalam bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, hukum dalam perdagangan dsb.

Namun jika kita lihat lebih jauh, ternyata perdagangan internasional memberikan cukup banyak manfaat. Menurut Sadono Sukirno, manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut:
  1. Memperoleh barang yang tidak diproduksi didalam negeri.
  2. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi.
  3. Memperluas pasar industri-industri dalam negeri
  4. Transfes teknologi modern dan meningkatkan produktivitas.
1 Komentar untuk "Perdagangan Internasional"

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:

1.Klik selec profile --> pilih Name/URL
2.Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb
3.Klik Lanjutkan
4.Ketik komentar kamu dan publish

Back To Top