AnytHing in my Mind

Metode Pembelajaran Talking Stick

Nulis-nulis lagi dan kali ini saya akan nulis tentang model pembelajaran talking stick setelah sebelumnya saya menulis tentang model pembelajaran course review horay. Pada postingan ini juga saya menyediakan contohnya dalam bentuk RPP yang bisa temen-temen donwload disni.

Talking stick termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Pembelajaran Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Langkah-langkah penerapannya dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang. 
  2. Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm.
  3. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran. 
  4. Siswa berdiskusi membahas masalah yang terdapat di dalam wacana.
  5. Setelah kelompok selesai membaca materi pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan anggota kelompok untuk menutup isi bacaan. 
  6. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu anggota kelompok, setelah itu guru memberi pertanyaan dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru. 
  7. Siswa lain boleh membantu menjawab pertanyaan jika anggota kelompoknya tidak bisa menjawab pertanyaan. 
  8. Guru memberikan kesimpulan. 
  9. Guru melakukan evaluasi/penilaian, baik secara kelompok maupun individu. 
  10. Guru menutup pembelajaran.

~semoga bermanfaat~
2 Komentar untuk "Metode Pembelajaran Talking Stick"

Wah Referensi untuk membantu saya agar bisa belajar mengajar

dear admin,,,bisakah minta referensi ttg model pembelajaran talking stick yg lebih rinci, susah banget nyari referensinya baik di buku maupun web,,semua isinya hampir sama,minim dan umum sekali,,,jika ada mohon kirim ke email saya (anamkhoirul84@gmail.com) trmksh sebelumnya

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:

1.Klik selec profile --> pilih Name/URL
2.Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb
3.Klik Lanjutkan
4.Ketik komentar kamu dan publish

Back To Top