AnytHing in my Mind

Cara Menulis Kutipan



Kutipan merupakan penulisan buah pikiran atau pendapat seseorang yang akan dicantumkan disuatu karya tulis. seperti pada makalah, skripsi, tesis dan sebagainya.
  • Kutipan tidak langsung
kutipan tidak langsung adalah penulisan buah pikiran atau pendapat seseorang dengan menggunakan bahasa sendiri tanpa mengubah makna (parafrase), serta mencantumkan nama akhir pengarang, tahun penerbitan, dan halaman kutipan bila dikutip dari halaman yang pasti.

Penulisan nama akhir pengarang, tahun penerbitan, dan halaman kutipan dapat dilakukan di depan atau di akhir isi kutipan. Penulisan yang di depan kutipan dimulai dengan nama akhir pengarang kurung buka, tahun penerbitan, titik dua, (tanpa spasi) nomor halaman, kurung tutup. Penulisan di akhir kutipan dimulai dengan kurung buka, nama akhir pengarang, koma, tahun penerbitan, titik dua, (tanpa spasi) nomor halaman, kurung tutup.

  • Contoh kutipan tidak langsung.
Dikatakan oleh Mulyasa (2007:39--40) bahwa kemandirian guru terutama diperlukan dalam menghadapi dan memecahkan berbagai problema yang sering muncul dalam pembelajaran. Guru mengambil tindakan terhadap berbagai permasalahan secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Penilaian relativisme adalah paham penilaian yang menghendaki "tidak adanya penilaian lagi", atau penilaian yang dihubungkan dengan tempat dan zaman terbitnya karya sastra. bila suatu karya dianggap bernilai oleh suatu masyarakat pada suatu tempat dan zaman tertentu, karya sastra itu harus dianggap bernilai juga pada tempat atau zaman yang lain  (Suroso dkk., 2009:74--75)

  • Kutipan langsung
Kutipan langsung adalah penulisan buah pikiran atau pendapat seseorang seperti apa adanya. Dalam kutipan dicantumkan nama akhir pengarang, tahun penerbitan dan halaman kutipan. Penulisan nama akhir pengarang, tahun penerbitan dan halaman kutipan dapat dilakukan di depan atau di akhir isi kutipan. Penulisan nama di depan kutipan dimulai dengan nama akhir pengarang, kurung buka, tahun penerbitan, titik dua, (tanpa spasi) nomor halaman, kurung buka, nama akhir pengarang, koma, tahun penerbitan, titik dua, (tanpa spasi) nomor halaman, kurung tutup.

Kutipan langsung yaitu terdiri dari empat baris atau lebih diketik dengan jarak satu spasi dan ditempatkan dibawah kalimat terakhir, menjorok ke dalam 5 ketukan dari rata kiri dan 5 ketukan dari rata kanan.
Kutipan langsung yang kurang dari empat baris ditulis dalam tanda kutipan (") dengan jarak dua spasi dan tidak menjorok ke dalam. Nama akhir pengarang, tahun penerbitan dan halaman kutipan dicantumkan seperti dalam kutipan lainnya.

Kutipan langsung tidak selalu diawali dengan tiga tanda titik. Pemberian tiga tanda titik dapat dilakukan jika kutipan langsung itu memisahkan satu bagian kalimat dengan bagian kalimat lainnya. Kutipan langsung yang tidak sampai pada titik akhir suatu kalimat diakhiri dengan empat tanda titik.

Jenis kutipan lain adalah kutipan, maksudnya seseorang mengutip pendapat orang lain yang telah dikutip oleh orang lain. Hal ini hanya boleh dilakukan bila sumber aslinya tidak mungkin didapat karena satu dan lain hal. Dalam pengutipan seperti ini, sumber-sumber informasi tersebut harus dicantumkan, baik dalam karangan atau tulisan maupun dalam daftar pustaka.

  • Contoh Kutipan Tidak Langsung
Mulyasa (2007:5) mengemukakan, "Kekurangpahaman guru dan penyelenggara pendidikan terhadap kurikulum bisa berakibat fatal terhadap hasil belajar peserta didik".

Menurut Thoha (2005:36)
.... fungsi tes tidak sama semata-mata sebagai alat ukur saja, melainkan juga memiliki fungsi motivatif dan pembentukan sikap bagi peserta didik. oleh karena itu penulis soal hendaknya memahami nilai-nilai yang mendasari pendidikan, seperti tujuan pendidikan, filsafat pendidikan, dan psikologi, kendatipun hanya garis besarnya saja.

Pengembagan kurikulum tidak dapat dilakukan secara insidental, tetapi harus terencana. Sebagaimana dikatakan oleh Longstreet dan Shane (1993:359).
sebelum mengemukakan kurikulum ada dua faktor utama yang perlu dilakukan, yaitu: 1) membangun filsafat pendidikan dan 2) memperluas wawasan tentang masa depan. Para pengembang kurikulum sebaiknya diambil dari kelompok ahli yang memiliki latar belakang filsafat pendidikan.

Kualitas guru merupakan hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu lulusan. Hal ini dinyatakan oleh Hadi (2005:45), "...mutu guru juga harus diperhatikan demi lulusan ... yang akan dihasilkan agar dapat memenuhi apa yang diharapkan."

2 Komentar untuk "Cara Menulis Kutipan"

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:

1.Klik selec profile --> pilih Name/URL
2.Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb
3.Klik Lanjutkan
4.Ketik komentar kamu dan publish

Back To Top